DPP IPI Sematkan Juara Lomba Baca Puisi 2021 Humanis Indonesia di Pasuruan, Jawa Timur

Penyematan juara ini dilakukan, Jum’at (12/03), menjadi kebanggaan tersendiri bagi para pemenang lomba baca puisi nasional 2021. Pada ajang ini, Humanist Center bekerjasama dengan Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) Republik Indonesia dan DPP Ikatan Pesantren Indonesia (IPI). Selain itu, juga didukung oleh beberapa elemen, antara lain: LP5I-Yayasan Pendidikan ACE (Angstrom Center of Education), Komunitas Gusdurian, LAKPERDAM NU Kab. Pasuruan, Komunitas Indi Nusantara (KIN) Jawa Tengah, KITTO Book, BEM Universitas Yudharta Pasuruan, dan MATA GARUDA Jawa Timur.

Kondisi Pendemi Covid-19 mengharuskan panitia menyelenggarakan kegiatan ini dalam dua metode, yakni metode daring dan luring. Metode daring dilakukan agar para juara yang berasal dari seluruh tanah air dapat menjangkau melalui media konferensi zoom-meeting dan live-streaming di channel youtube “Humanist Indonesia” https://www.youtube.com/watch?v=Vp9VOaS4nLQ. Adapun metode luring dilakukan sebagai penyematan simbolis dengan mengundang salah satu pemenang yang berasal dari daerah terdekat sebagai perwakilan para juara.

Abdurrahman Amin, ketua panitia, menyampaikan dalam laporannya bahwa kegiatan lomba baca puisi 2021 ini diikuti oleh 52 peserta dari 7 provinsi di seluruh Indonesia, yakni Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Riau, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan Sulawesi Selatan. Beliau menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya untuk semua peserta dan para stakeholder pendukung kegiatan, dan meminta maaf apabila terdapat kendala teknis yang berasal dari kepanitian, dan akan dievaluasi untuk optimalisasi event berikutnya.

Hadiah tropi, piagam penghargaan, dan uang tunai disematkan oleh Dr. KH. Ubaidillah Nafi’, M.Ag (Pembina Humanist Center), KH. Muzamil Syafi’i, SH., M.Si (Komisi A, DPRD Jawa Timur, Penasehat DPP IPI), dan Kyai Muda – Muhammad Hermansyah, MT (Sekjen DPP IPI, Pembina Humanist Center). Penyematan juara secara simbolis diberikan Dewi Kamilah Azzahra (Siswi MI NU KH. MUKMIN Sidoarjo, Jawa Timur), sebagai pemenang Juara 1 Kategori SD/MI Sederajat.

Direktur Pencegahan BNPT RI, Brigjen. Pol. R. Ahmad Nurwahid juga turut hadir secara virtual melalui media konferensi zoom-meeting mewakili Kepala BNPT Republik Indonesia, Komjen. Pol. Dr. Boy Rafli Amar, MH. Dalam sambutannya, beliau memberikan wawasan peranan genarasi bangsa dalam mencegah terorisme di Indonesia. Bagi beliau “Asah Rasa Cinta Tanah Air Indonesia” patut dikembangkan menjadi pegangan bersama bagi pendidikan di seluruh tanah air. Beliu mengapresiasi Humanist Center atas suksesnya penyelenggaraan kegiatan lomba baca puisi nasional dengan nilai dan substansi nasionalisme dan humanistik yang disalurkan melalui seni puisi. Beliau juga menyampaikan salam dan pesan kepala BNPT RI bagi adek-adek para peserta lomba baca puisi nasional 2021 “Selamat bagi para juara dan tetap semangat selalu dalam berkarya dan berprestasi sebagai wujud pengabdian untuk negeri …”.

Selain penyematan simbolis, pada kegiatan ini juga dilakukan launching program JEMA’AH (MaJElis MAnaqib IlmiAH). Yakni program rutin Humanist Center yang dilaksanakan setiap 2 minggu sekali sebagai ruang silaturrahim bagi para pegiat literasi dan advokasi sosial.

https://www.humanist-center.org/2021/03/15/penyematan-juara-lomba-baca-puisi-nasional-2021-simbolis-di-pasuruan-jawa-timur/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *